Agen Manulife Indonesia

Bersama asuransi hidup lebih terjamin

Posted on: Juli 2, 2009

Banyak diantara kita yang berpendapat bahwa asuransi indentik dengan kematian, padahal bila tahu lebih jauh, asuransi bukan semata mata hanya identik dengan kematian, ini lebih kepada memberikan kesejahteraan dan keamanan finansial kepada keluarga anda bilamana nanti terjadi resiko yang sudah pasti akan dialami setiap manusia. Resiko apa aja sih ? Yaitu : tua, sakit, dan meninggal. Tidak ada yang bisa menampik resiko tersebut yang mana pasti datang saatnya.

“Ah, saya tidak punya uang”. Mungkin itu pemikiran atau jawaban anda

Hmmmm. Padahal mungkin anda ini punya hobi, dan untuk anda membeli ini itu saja untuk hobi anda mungkin cukup mahal yang kalau ditotal cukup untuk membayar 1 tahun asuransi jiwa dengan UP 100 jt. Mungkin saya agen sendiri akan geleng2 kepala melihat pandangan anda seperti itu.

Mungkin anda bertanya, “kalau Uang Pertanggungan 100 jt berapa ya preminya?”.  Hmmm saya tidak mau menjawab langsung. “Untuk asuransi jiwa” Mungkin itu pertanyaan saya. Sebelum kesana gimana kalau kita bahas dulu mengenai kebutuhan masa depan”. Mungkin pengeluaran anda ini setiap bulannya krg lebih 3 jt an ke keluarga anda. Belum memiliki tabungan liquid yang cukup, namun sudah memiliki rumah. Dengan hitungan normal dengan asumsi bunga bank 8 %/thn, Uang Pertanggungan ideal adalah 500 jt. Mungkin ada beberapa dari anda jika menghitung hitung premi akan berkata “wah, saya belum mampu kalu preminya diatas 5 jt/th”. Biasanya saya akan menyesuaikan dengan kebutuhan, dan saya bisa buatkan sesuai kemampuan saat ini, yang penting bapak tahu dulu gambaran ideal kebutuhan masa depan bapak sepeninggal bapak nanti adalah sekian itu, mudah mudah kan nanti ada rejeki lebih untuk anda, anda bisa tambahkan UP nya atau beli polis baru lagi, yang penting ada proteksi dulu untuk saat ini.

Ada pertanyaan yang seringkali diutarakan, ada yang bertanya “sebaiknya lebih baik bayar lama atau bayar cepat?”. Oke, kalau saya sebagai agent dan dilihat dari faktor adanya resiko (yang disebut dengan resiko awal : tua, sakit, meninggal), saya sarankan agar membayar asuransi jiwa sepanjang mungkin. Alasannya : premi lebih murah, dan bilamana terjadi resiko awal maka premi yang anda keluarkan belumlah besar namun manfaat tunai langsung diberikan. Coba anda bandingkan bilamana anda ambil masa pembayaran yg pendek (3 tahun) lalu terjadi resiko (maaf) meninggal di tahun ke 4 maka sebenarnya anda sudah melunasi kewajiban membayar premi, sementara bila anda ambil masa bayar yang lama (20 atau 10 th) maka itungannya anda baru keluar uang 4x bayar lalu terjadi resiko meninggal, manfaat tunai langsung didapat jauh sebelum kewajiban membayar premi selesai. Saran saya ambil yang masa bayarnya paling lama bila anda melihat dari sisi resiko awal.

Tinggalkan Balasan

