Agen Manulife Indonesia

Agent ! Respect Your Job !

Posted on: Juli 3, 2009

Edukasi kali ini ditujukan kepada para agen asuransi, dengan harapan klien pun dapat mengambil hikmahnya. Harapan saya adalah agar baik Klien dan Agent sama-sama menghargai posisinya masing-masing sehingga mutual benefit dapat terus belangsung selama mungkin paling tidak selama polis hidup.

Kali ini saya akan mengangkat mengenai 4 larangan yang perlu diwaspadai oleh klien bilamana ada agent asuransi yang melakukan hal-hal ini, dan hal2

dibawah ini WAJIB DIHINDARI oleh setiap agent asuransi karena merupakan larangan yang ditetapkan di seluruh perusahaan asuransi di seluruh dunia.

REBATING

Memberikan potongan pembayaran premi atau memberi uang perangsang pada siapapun agar mau membeli polis, memindahkan polis Asuransi Jiwa atas nama orang lain, memberikan keterangan yang tidak benar mengenai keadaan tertanggung atau pemegang polis.

Tidak bisa dipungkiri, banyak sekali agent yang desperate dalam pekerjaannya sehingga memaksa dirinya untuk harus memenuhi target perusahaan tanpa mengindahkan rambu-rambu, termasuk memberikan diskon kepada kliennya. Ingatlah hai para agent, bahwa asuransi itu adalah untuk kepentingan klien, jadi galilah kebutuhan klien, sehingga Anda tidak perlu merendahkan diri Anda demi sebuah case dengan mengiming-imingi diskon kepada klien Anda. Namun, bukan tidak mungkin justru ada klien yang meminta potongan premi. Disini diperlukan agent yang tangguh untuk menolak memberikan diskon premi. Ingatlah selalu untuk tunduk kepada kode etik.

Selain itu kasus dimana seorang agent menyarankan klien untuk memutus asuransi yang dimilikinya agar beralih ke asuransi tempat ia bekerja juga bukanlah hal yang bijak. Agent hanya boleh memberikan pertimbangan2 logis, tidak boleh menyarankan atau meminta klien untuk bertindak untuk kepentingan agent.

Berasuransi berarti mengedepankan KEJUJURAN. Adalah tugas agent untuk mengedukasi klien agar jujur dalam mengisi lembar SPAJ sehingga manfaat atas polis yang dimilikanya kelak dapat dinikmati dengan maksimal.

MENYIMPAN

Menahan polis klien untuk disimpan ataupun untuk tujuan lain.
Dear Klien, saya buka ya, banyak sekali agent diluar sana yang menahan SPAJ klien untuk sebuah strategi closing. Belum paham ?. Saya akan buat Anda paham. Setiap bulannya agent diminta untuk memenuhi target, adakalanya ketika SPAJ anda ditahan oleh agent Anda dan dikirimkan ke pihak underwriting di bulan depan agar target bulan depannya tercapai. Siapa yang dirugikan ? Anda, Klien. Kenapa ? karena seharusnya Klien sudah terproteksi namun dikarenakan ’permainan’ agent maka proteksi klien menjadi tertunda. Jadi bagi para klien, PASTIKAN SPAJ ANDA DIPROSES SEGERA SETELAH ANDA MEMBAYAR PREMI PERTAMA. Anda berhak bertanya bila ternyata agent anda menahan SPAJ Anda.

PENIPUAN ASURANSI

Mengarahkan atau membujuk pemegang polis atau orang lain untuk membuat suatu klaim yang tidak benar, apapun bentuknya

Hal ini agak kurang lazim terjadi, sehingga saya tidak bisa dan tidak mau memberikan contoh karena hal ini bisa dijadikan ”ide terlarang” bagi para agent nakal.

MENERIMA IMBALAN

Menerima imbalan, hadiah atau pembayaran dalam bentuk apapun sehubungan dengan dibayarkannya suatu klaim yang sah atau suatu pembayaran atas dasar persetujuan.

Membantu klien dalam membantu mengurus klaimnya adalah salah satu tugas agent, sehingga agent dilarang berpamrih dalam hal ini. Agent harus tulus ikhlas memberikan pelayanan terhadap apapun masalah yang klien hadapi sehubungan dengan polis yang dimilikinya. Agent tidak boleh meminta bagian dari klaim yang dibayarkan kepada klien.

Akhir kata, mutual benefit dapat dilakukan tanpa harus memberikan salah satu dari larangan diatas. Be creative and Respect Your Job.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: